Jasa Outsourcing Indonesia DINAMIKA MITRA HURESINDO Mitra Profesional Bisnis Anda
Home > Artikel
  • Outsourcing dan SDM Indonesia

     

    Jakarta, DINAMIKAMITRA.COM, Persaingan bisnis yang terjadi disemua sektor industry saat ini begitu kompetitif. Para pelaku dan manajemen pemegang kendali (strategic level) bisnis mutlak dituntut untuk melakukan optimlaisasi dan efesiensi pengelolaan dan pemanfaatan faktor-faktor produksi, demi mengupayakan existensi bisnis dan pengembangan bisnis saat ini maupun masa yang akan datang.

    Saat ini ada lima hal yang dianggap sebagai faktor produksi, yaitu tenaga kerja (labor), modal (capital), sumber daya fisik (physical resources), kewirausahaan (entrepreneurship), dan sumber daya informasi (information resources).

    Tenaga kerja merupakan faktor produksi insani yang secara langsung maupun tidak langsung menjalankan kegiatan produksi. Faktor produksi tenaga kerja juga dikategorikan sebagai faktor produksi asli. Dalam faktor produksi tenaga kerja, terkandung unsur fisik, pikiran, serta kemampuan yang dimiliki oleh tenaga kerja, sehingga tenaga kerja dapat dikelompokan berdasarkan kualitas (kemampuan dan keahlian) dan berdasarkan sifat kerjanya.

    Labor, adalah faktor produksi harus mendapatkan perhatian khusus. Menyadari tentang hal ini maka banyak poerusahaan-perusahaan yang mengalokasikan anggaran dana yang cukup besar untuk membangun Human Resources yang handal demi menciptakan tenaga-tenaga kerja yang profesional dan berkualitas.

    Jasa outsourcing adalah alternatif dalam pemenuhan pada fungsi perusahaan. Bila penggunaan jasa Outsourcing dilakukan untuk alasan yang tepat, jasa outsourcing benar-benar akan menjadi mitra bisnis guna membantu perusahaan tumbuh dan berkembang.

    Beberapa keuntungan utama yang menjadi dasar keputusan untuk melakukan outsourcing adalah:

    1. Fokus pada kompetensi utama
    2. Penghematan dan pengendalian biaya operasional
    3. Memanfaatkan kompetensi vendor outsourcing
    4. Perusahaan lebih ramping dan lebih gesit dalam merespon pasar
    5. Mengurangi atau berbagi resiko
    6. Meningkatkan efesiensi dan perbaikan pada perkerjaan-perkerjaan yang sifatnya non core

    Saat ini banyak sekali perusahaan yang memutuskan untuk mengalihkan setidaknya satu pekerjaan non-core mereka dengan berbagai alasan. Mereka umumnya menyadari bahwa merekrut dan mengkontrak karyawan, menghitung dan membayar gaji, lembur dan tunjangan-tunjangan, memberikan pelatihan, administrasi umum serta memastikan semua proses berjalan sesuai dengan peraturan perundangan adalah pekerjaan yang rumit, banyak membuang waktu, pikiran dan dana yang cukup besar.

    Mengalihkan pekerjaan-pekerjaan ini kepada vendor outsourcing yang lebih kompeten dengan memberikan sejumlah fee sebagai imbalan jasa terbukti lebih efisien dan lebih murah daripada mengerjakannya sendiri.

    Outsourcing dan SDM Indonesia

    System Outsourcing (yang baik) telah banyak memberikan manfaat positif bagi SDM Indonesia baik untuk mendapatkan pekerjaan maupun untuk membangun karir di perusahaan-perusahaan Nasional maupun Multi Nasional. Banyak tenaga-tenaga muda Indonesia yang mampu membangun karier dengan cemerlang yang "hanya" diawali dari karyawan outsourcing.

    Tidak bisa dipungkiri dengan ketersediaan SDM Indonesia yang melimpah, menyebabkan persaingan untuk mendapatkan pekerjaan juga semakin ketat. Perusahaan Outsourcing (yang baik) dapat dijadikan sebagai pilihan untuk mendapatkan pekerjaan dan mengawali membangun karir demi masa depan yang lebih baik. Beberapa manfaat langsung system outsourcing yang dapat dirasakan oleh SDM Indonesia, antara lain:

    1. Mendapatkan informasi peluang kerja yang akurat
    2. Kemudahan untuk masuk ke Perusahaan-perusahaan besar
    3. Memilih peluang kerja sesuai dengan tingkat pendidikan dan kompetensi
    4. Mendapatkan gaji dan benefit yang sesuai dengan pendidikan dan jabatan
    5. Kesempatan yang sama dan terbuka luas untuk membangun karir
    6. Mendapatkan pembinaan dan pelatihan secara intensif
     
    Perusahaan Outsourcing yang baik
     
    Perusahaan outsourcing (yang baik) akan memberikan keuntungan maksimal kepada Perusahaan pemakai jasa dan karyawan outosurcing itu sendiri. Perusahaann pemakai jasa akan mendapatkan SDM yang profesional dan berkualitas demi menunjang pertumbuhan bisnis sementara Karyawan akan mendapatkan hak dan perlindungan sesuai dengan (minimal) yang telah ditentukan oleh Undang-undang serta mempunyai peluang karir sesuai dengan tingkat pendidikan dan kompetensinya.
     
    Beberapa ciri prusahaan outsourcing (yang baik), antaralain:
     
    1. Memberikan gaji dan benefit lainnya (minimal) sesuai amanah Undang-undang
    2. Memberikan jaminan kesehatan sekurang-kurangnnya JAMSOSTEK
    3. Tidak ada biaya administrasi, potongan gaji maupun pungutan-pungutan lainnya.
    4. Memberikan pelatihan dan pengembangan kompetensi secara intensif 
    5. kebijakan-kebijakan yang diambil selalu bermuara pada Undang-undang
     
     
    Salam Hangat,
    Dinamika Mitra Huresindo
SHARE

GALERI
VIDEO